Blogger Widgets
Posted by : Sas Senin, 11 November 2013






Saat sedang jalan jalan kala cuaca panas memang sangat mengasyikan jika minum es, kita tinggal mampir ke warung dan membelinya. tapi apakah teman teman tau bahwa es batu yang disajikan dalam minuman terbuat dari air mentah atau matang? pengen tau cara membedekanya?

ES AIR MENTAH :
Es dari air mentah  berwarna putih karena masih banyak gas yang tertangkap di dalamnya. biasanya, es yang dibuat dari air mentah adalah es balok. es ini jelas tak baik dikonsumsi, terlebih lagi jika airnya diambil dari air sungai yang tercemar.

ES AIR MATANG :
Es dari air matang akan terlihat bening karena gas di dalam air terlepaskan ketika proses perebusan. biasanya, es seperti ini disebut es kristal. sekarang menurut pengamatan, es kristal sudah banyak dipakai, seperti es batu bolong. bahanya es dari air mentah: dalam air mentah ada bannyak bakteri E Coli. ada penelitian di florida selatan yang membandingkan es batu dengan air toilet, hasilnya es batu mentah mengandung 70% lebih banyak kuman dari pada air toilet.

MENGENAL E COLI
Escherichia coli (E. coli) adalah bakteri yang hidup di dalam usu manusia. keberadaanya di luar tubuh manusia menjadi indikator sanitasi makanan dan minuman, apakah pernah tercemar oleh kotoran manusia atau tidak. keberadaan E. coli dalam air atau makanan juga dianggap memiliki korelasi tinggi dengan ditemukanya bibit penyakit (patogen) pada pangan.

Ada beberapa jenis E.coli yang umum ditemui dalam kehisupan sehari hari, yaitu:
  1. E.coli Enteropatogenik
  2. E.coli Enteroinvasif
  3. E.coli Enterohemoragik


Sekian pengetahuan dari saya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Ilmu Pintar - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -